HPK : Analisis Keyword HPK

5:24 AM Posted by Tambur_k2

Meskipun HPK dapat memberikan nilai lebih pada pendapatan dollar kita, namun kita juga harus teliti dan waspada dalam melakukan analisis keyword HPK, bisa jadi kesalahan analisis keyword HPK akan mengakibatkan penurunan dollar. Menurut saya ada 3 hal penting yang harus di analisis dalam menentukan keyword jenis HPK, yaitu lokasi, jumlah pesaing dan jumlah pengunjung (pengguna keyword).

Lokasi akses
Bisa jadi dengan mengunakan keyword yang sama akan memperoleh pendapatan dollar yang berbeda. Hal ini dikarenakan keyword HPK berpengaruh pada lokasi dari mana asal atau lokasi pengunjung yang melakukan klik. Bisa jadi keyword yang sama akan bernilai mahal jika di klik oleh pengunjung Indonesia dan akan bernilai rendah jika di klik oleh pengunjung dari amerika. Saya akan mencoba bermain ilustrasi untuk menggambarkan permasalahan ini, misalkan anda memiliki toko sepatu secara offline, namun dalam hal marketing anda juga melakukan promosi online di internet, skala pemasaran toko anda setingkat nasional (Indonesia misalnya). Dalam melakukan promosi di google, anda memilih keyword “toko sepatu”, keyword ini tergolong keyword mahal (contoh aja nich) anda harus membayar $40 / Klik kepada google.com. karena skala pemasaran anda setingkat nasional (bukan internasional) maka jika terjadi klik dari luar negeri tidak akan berpengaruh pada pendapatan toko anda, karena anda juga tidak akan melayani pembelian sampai keluar negeri dan tentunya anda tidak akan mau atau merasa rugi jika anda harus membayar $40 / klik kepada google.com. Namun google bermain professional, google.com juga memberlakukan system lokasi, jadi jika iklan anda dengan keyword “toko sepatu” diklik dari luar negeri, anda tidak perlu membayar mahal bisa jadi cukup $0,1/ klik atau $0 / klik. Dari ilustrasi diatas dapat kita simpulkan bahwa keyword yang sama bisa menjadi HPK dan bisa juga menjadi CMIIW tergantung lokasinya.
Sebagai solusi, dalam melakukan analisis kita harus tetap hati- hati dan waspada terhadap pemilihak lokasi keyword. Jika anda mengunakan tool keyword adsense external dapat melakukan setting lokai penampilan iklan terlebih dahulu

Jumlah Pesaing
Semahal apapun keyword yang kita dapatkan, namun jika pesaing kita banyak, maka bisa jadi pendapatakn kita juga tidak akan berpengaruh, untuk hal ini anda harus meningkatkan SEO (Search Engine Optimization). Kenapa demikian? Bayangkan saja, situs kita lemah SEO dan pesaing kita banyak maka situs kita akan berada pada urutan ke beberapa ratus dari hasil pencarian google.com. dan jika sudah berada di belakang, maka siapa yang akan berkunjung ke situs kita dan siapa yang mau klik iklan kita? Masuk akal g?...so…HPK hanya satu cara yang harus kita lakuakan dalam meningkatkan pendapatan dolar dan masih ada ribuan cara lain yang harus kita lakukan, dan semuanya ada pada TOS adsense dan SEO.


Jumlah pengunjung (pengguna keyword)
Yang saya kehendaki dengan jumlah pengunjung diatas bukanya pengunjung di situs kita, namun banyaknya pengunjung yang mengunakan keyword yang kita anggap HPK, semahal apapun nilai perklik dari keyword yang kita pilih, namun jika pengguna keyword sedikit maka juga tidak akan meningkatkan pendapatkan dolar kita.

Untuk sementara sampai disini dulu ya…kapan- kapan kalau ada knowledge baru yang saya peroleh pasti saya posting, INGAT….!!! ”Share Your Knowledge, Because Knowledge is Free”. Pengetahuan itu titipan Tuhan dan semuanya gratis, jika ada lembaga pendidikan atau pendidik yang mengkomersilkan pengetahuan maka sebenarnya dia telah menjual ilmu Tuhan dan sepantasnya kita berdo’a untuk mereka. Agar mereka sadar.

1 comments:

  1. rifaabe said...

    bagus mas infonya

Post a Comment

Kalau ada kritik dan saran atau ide terkaitan dengan tulisan yang saya posting silahkan di komentari. Maaf...komentar tidak ada hadiahnya, saya hanya bisa mengucapkan terima kasih :