PAGERANK : “ALGORITMA PAGERANK” MENYIMPAN BERJUTA PENAFSIRAN

5:17 AM Posted by Tambur_k2

Tidak ada seorangpun yang mengetahui bagaimana algoritma google dalam memberikan nilai kepada halaman blog kita, karena jelas sekali dalam situs mbah google tidak pernah menyebutkan kriteria penilaian atau algoritma untuk mencapai pagerank tertentu, bukan berarti mbah google.com tidak mempunyai kriteria, namun memang sengaja disembunyikan dan menjadi rahasia sang raksasa dunia maya mbah google.com sehingga mungkin apa yang kita pahami bersama terkait dengan algoritma pagerank adalah penafsiran dari beberapa tokoh ahli pagerank atas pengalaman yang dia lakukan atau dari agen rahasia mbah google.com yang sengaja memberikan bocoran kepada para blogger untuk berkompetisi meraih pagerak tertinggi, tapi yang jelas mbah google.com tidak pernah secara terus terang (baca : legal) memberikan algoritma khusus untuk menaikkan pagerank kita. Mengapa mbah google.com berbuat demikian?

Mungkin kita masih ingat, bagaimana kondisi search engine pra mbah google.com lahir, betul sekali…periode itu dikuasai oleh yahoo.com, dia mengetahui betul membidik target pasaran (netter) yang secara normal datang ke internet untuk browsing. Kita mengetahui bahwa untuk melakukan browsing harus menyiapkan URL yang akan kita browsing, tanpa url tersebut mustahil kita dapat melakukan browsing. Ini adalah kelemahan nyata dan problem besar bagi para netter, sehingga diciptakanlah search engine yahoo.com yang menghubungkan para perusahaan online dengan para netter, dengan adanya search engine yahoo.com problem URL dapat teratasi karena para netter cukup memasukkan keyword yang dia cari dan search engine yahoo.com akan menampilkan daftar blog atau website perusahaan terkait dengan keyword yang kita masukkan, namun sayangnya yahoo.com mengkomersilkan search engine bagi pemilik blog atau website perusahaan online yang ingin mempromosikan bisnisnya melalui search engine yang dimiliki. Saat itu, strategi marketing yang digunakan oleh yahoo.com sangat ampuh yaitu dengan memberikan pelayanan email gratis.

Ternyata mbah google.com sangat jeli dengan kelemahan yang dimiliki oleh yahoo.com, tanpa memberikan kesempatan kepada orang lain, mbah google.com bergegas untuk menciptakan search engine secara gratis. Hal ini tentunya akan memberikan sambutan hangat yang luar biasa bagi pemilik blog atau website perusahaan online maupun para netter, maklum suatu hal yang gratis di internet selalu menjadi bahan incaran utama pengguna internet. Berjuta- juta blog atau website perusahaan online mendaftarkan diri untuk berkecipung mempromosikan dirinya atau perusahaanya di search engine mbah google.com dan secara otomatis para netter juga akan beralih ke search engine mbah google.com untuk melakukan pencarian data atau informasi.

Dalam search google.com mengenal top 10 on google.com yaitu sepuluh search result yang akan ditampilkan dalam halaman pertama. Logika yang terjadi pada umumnya manusia dalam melakukan pencarian informasi akan lebih tertarik pada 10 pencarian pertama dibandingkan dengan 10 hasil pencarian kedua dan seterusnya, sehingga top 10 on google adalah sesuatu yang sangat diperebutkan oleh para bloger. Menurut saya ada dua kekuatan besar yang mempengaruhi blog atau website untuk dapat menduduki top 10 on google yaitu kekuatan keyword dan kekuatan pagerank. Saya tidak akan membahas kekuatan tersebut, karena akan membuat judul artikel ini terlepas dari topik pembahasan jadi silahkan anda baca pada artikel saya yang lainya.

Kembali ke pembahasan paling atas, mengapa mbah google.com marahasikan algoritma pagerank? saya juga tidak mengetahui secara pasti tujuanya namun jika kita mengetahui algoritma yang digunakan maka kita akan dengan mudah untuk mendapatkan pagerank yang tinggi, mbah google.com akan lebih mempercayakan informasi maupun data dari blog atau website yang mempunyai pagerank tinggi dari pada blog atau website yang memiliki pagerank rendah dengan mengunakan keyword yang sama. Misalkan begini, suatu hari gunawan ingin membeli sepatu bola secara online, kemudian dia menggunakan search engine google.com untuk mencari informasi toko online yang menyediakan sepatu bola, dia memasukkan keyword “sepatu bola” (tanpa tanda petik), google.com akan menampilkan ratusan search result. Dalam contoh ini situs A tampil pada halaman pertama (top 10 on google), sedangkan situs B tampil di halaman ke 2 atau bahkan halaman terakhir, mengapa demikian? padahal secara nyata kedua situs adalah toko online yang menyediakan sepatu bola dengan merk dan kualitas yang sama, keyword yang digunakan juga sama yaitu “sepatu bola”. Bisa jadi berbeda nilai pagerank yang dimiliki oleh kedua situs. Google.com akan lebih mempercayakan informasi (baca: promosi) situs A pada halaman pertama karena situs A memiliki pagerank yang lebih tingi dibandingkan dengan situs B.

Menurut saya google.com merahasikan algoritma pagerank salah satunya agar para blogger berkompetisi dalam mempromosikan blog atau website. Karena jika algoritma diobral maka orang akan mudah meraihnya dan tidak ada nilai kompetisinya. Jika kita memiliki bisnis online dan tidak mengetahui teknik untuk meningkatkan pagerank, kita tidak perlu khawatir, karena google.com juga memberikan solusi melalui google adword (http://www.google.com/adword), dengan adanya google adword ini, promosi atau informasi kita akan tetap muncul pada halaman pertama, meskipun pagerank situs kita rendah alias nol, namun layanan ini berbayar. Bisa jadi pula kenapa algoritma pagerank menjadi rahasia google.com adalah untuk menaikkan layanan adword.

0 comments:

Post a Comment

Kalau ada kritik dan saran atau ide terkaitan dengan tulisan yang saya posting silahkan di komentari. Maaf...komentar tidak ada hadiahnya, saya hanya bisa mengucapkan terima kasih :